Sunday, May 30, 2010

Melakukan Survei untuk Memilih Tema Website



Tentunya sebuah website adalah menyangkut dengan pemenuhan kebutuhan. Misalanya saja, lo sedang mencari bahan referensi dan tugas-tugas di tempat kerja, lalu lo menggunakan search engine dengan hanya memasukkan tema dari bahan yang lo cari. Maka dalam sekejap akan muncul bermacam-macam situs yang memuat bahan dengan tema tersebut. Saat lo menemukan website yang benar-benar memuat bahan referensi yang lo cari, saat itulah kebutuhan lo terpenuhi.

Satu contoh lagi, ketika lo ingin menonton sebuah film di bioskop, namun lo masih bingung akan menonton film yang ini atau yang itu. Kemudian lo surfing di internet dan akhirnya menemukan website yang mereviev tentang kedua film. Setelah itu, tentunya lo sudah dapat memutuskan ingin menonton film yang mana. Intinya adalah pemenuhan kebutuhan. Rasanya jarang sekali kasus di mana lo sedang mencari sesuatu dalam website atau internet dan tidak menemukan apa pun.

Dari penjelasan di atas, tentu lo sudah bisa menangkap bahwa website dapat memenuhi kebutuhan para pengguna internet. Namun tidak hanya itu saja, website harusnya juga dapat memenuhi kebutuhan dari penulis atau pemiliknya sendiri. Misalnya, lo sedang mempunyai hobi mengenai fotografi. Lalo membuat website mengenai fotografi dengan harapan dapat mengembangkan hobi dan keahlian serta dapat menyediakan sebuah tempat untuk berkumpulnya para pecinta fotografi yang lainnya.

Setelah memahami hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa topik apa saja asal dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak sangat mungkin dipilih sebagai tema website lo.

Untuk membantu lo menemukan ide untuk tema website, terutama untuk menemukan tema yang dapat menarik minat banyak oarang, gunakan daftar tema yang dibuat oleh berbagai macam search engine. Mengapa search engine? Karena sebagian besar pengguna internet mencari website yang dibutuhkannya melalui search engine. Dengan demikian setiap search engine pastinya memiliki indeks berisikan daftar Tema atau kata kunci yang sering diketikkan ke dalam kotak pencariannya.

Google.com
Google merupakan search engine yang paling populer, jadi mungkin saja lo menemukan ide tema yang disukai dari daftar tema yang terindeks dalam Google. Ada berbagai cara yang bisa diakses untuk melihat daftar tema yang terindeks dalam Google.
Alexa.com dan Technorati.com
Untuk memilih peringkat situs atau tema-tema yang sedang hangat dibicarakan di antara para blog mania, lo dapat memanfaatkan Alexa.com dan Technorati.com

Daftar situs terpopuler di Indonesia dalam Alexa.com


Daftar blog dan tema terpopuler dalam Technorati.com
Dengan mengetahui situs dan tema terpopuler, lo pun memiliki bahan pertimbangan tambahan dalam menentukan tema yang tepat untuk website lo.


Lo lagi membaca artikel tentang Melakukan Survei untuk Memilih Tema Website dan lo bisa menemukan artikel Melakukan Survei untu Memilih Tema Website ini dengan url http://guaindra.blogspot.com/2010/05/melakukan-survei-untuk-memilih-tema.html | lo boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Melakukan Survei untuk Memilih Tema Website ini sangat bermanfaat bagi teman-teman lo,namun jangan lupa untuk meletakkan link Melakukan Survei untuk Memilih Tema Website sumbernya.

No comments:

Post a Comment